Jumat, 27 November 2020

IGI Jember Peringati HGN 2020 dan HUT ke 11 IGI dengan Selenggarakan Webinar Guru Tangguh dan Mandiri

 


Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini guru tetap beraktivitas sesuai dengan profesinya salah satunya adalah tetap harus belajar, karena guru yang baik adalah seorang pembelajar.

Dalam memperingati Hari Guru Nasional tahun 2020 ini IGI Kab. Jember bersama guru-guru se-jawa timur menyelenggarakan kegiatan bertajuk Webinar Pendidikan. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah Menjadi Guru Tangguh dan Mandiri dalam Menyiapkan Siswa-Siswi yang Berkarakter dan Berbudaya.

Kegiatan webinar ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 26 November 2020 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun yang ke 11 IGI. Kepada para peserta diberikan fasilitas Materi dan E-Sertifikat.

Para guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini dapat dilihat dari banyaknya guru yang mengikuti kegiatan ini. Secara khusus, dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Ketua Wilayah IGI Jawa Timur, DR. H. Marjuki, M.Pd menyampaikan bahwa pada masa pandemi seperti sekarang ini sosok guru yang tangguh dan mandiri sangat dibutuhkan untuk mengawal siswa-siswinya menjadi generasi yang berkarakter dan berbudaya. sehingga materi dalam webinar sangat urgen untuk disimak dan diimplementasikan oleh para guru khususnya para peserta webinar dalam mendidik siswa di sekolah.

Selain itu calon Ketua Umum IGI Nasional ini juga menyampaikan bahwa kiprah IGI selama ini sebelum ramai diperbincangkan tentang organisasi dan guru penggerak, IGI sudah melakukannya, IGI selalu bergerak dan menggerakkan bukan digerakkan, sehingga guru-guru di IGI selalu berinovasi dan berkreasi dalam upaya menjalankan misinya bergerak meningkatkan kompetensi teman guru.

Dalam webinar kali ini IGI Kab. Jember menghadirkan dua pembicara yaitu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jember, Bapak Muhammad, S.Sos., M.Pd.I. dan Dewan Pakar IGI Kab. Jember Bapak Dr. David K Susilo, S.E.T, dengan dimoderatori oleh Bapak Muradi, S.Pd., M.Si Ketua Bidang Diklat dan Pengembangan SDM IGI Kab. Jember.

Dalam paparannya Bapak Muhammad menyampaikan bahwa dalam menyiapkan siswa yang berkarakter adalah keharusan bagi seorang guru membangun karakter pada dirinya sendiri sehingga guru yang memiliki karakter itu menjadi figur yang diteladani oleh siswanya. Karakter yang fundamental yang harus dibangun itu adalah akhlaqul karimah, imbuhnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa sosok guru yang menjadi figur dan berkarakter itu tidak membatasi pendidikan kepada siswa-siswinya hanya di ruang belajar saja. tetapi dimanapun tempat ketika bertemu dengan siswa-siswinya harus dapat memberikan arahan dan keteladanan.

Selanjutnya pembicra kedua Bapak David K Susilo menyampaikan bahwa dalam menyiapkan siswa-siswi berkarakter itu menjalankan pendidikan sesuai dengan jaman dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan tetap menanamkan mental seperti yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantoro. beliau yang juga aktif di Manajemen Jember Fashion Carnival (JFC) ini menyampaikan pentingnya peran orang tua dalam ikut mendukung pendidikan yang dilakukan di sekolah.

Antusiasme peserta webinar semakin nampak saat sesi dialog dimulai dengan banyaknya peserta yang menanyakan persoalan yang dihadapi di lapangan saat menjalankan tugas mengajar dan mendidik siswanya. Salah satunya seperti yang sampaikan Pak Johan dari kecamatan Sumberbaru. Selain itu beberapa peserta juga menyampaikan bahwa materi webinar ini sangat bagus dan memberikan pencerahan bagaimana seharusnya menyiapkan karakter siswa.(FAA)

Foto Kegiatan:




Previous Post
Next Post

Khoirunnas anfa'uhum linnaas. Sharing and Growing Together.